TENTANG AFFILIATE

Kata Affiliasi berasal dari bahasa inggris Affiliate yang berarti; bergabung, ikatan, atau yang biasa diterjemahkan sebagai suatu ikatan kerja atau bisnis. Sedangkan Reseller secara bebas dapat diartikan orang yang menjual ulang.suatu produk dengan kesepakatan pembagian komisi dengan pemilikproduk.
Sistem affiliasi adalah suatu sistem pemasaran yang sedang tumbuh pesat di dunia eCommerce karena kehandalannya dalam memperkenalkan produk kebanyak orang dalam waktu singkat dan dengan biayayang murah. Sebuah perusahaan eCommerce yang menerapkan sistem affiliasi pada sistem pemasarannya tidak perlu membayar karyawan tiap bulan untuk menjual produk-produknya. Karena dalam sistem affiliasi, perusahaan hanya membayar kepada partner hanya ketika terjadi penjualan produk dengan pembagian komisi keuntungan sesuai kontrak kerja dan sistem affiliasiyang digunakan.

Program Affiliate adalah suatu program perkongsian keuntungan yang ditawarkan oleh sebuah masyarakat yang memasarkan produk. Anda akan dibayar konsumen jika berhasil ‘menghantar’ seseorang pelanggan ke masyarakat tersebut sama halnya secara online (Internet) ataupun offline. Affiliate bolehlah dikatakan seperti ‘broker’ atau orang tengahyang terlibat didalam perniagaan konvensional yang biasa kita temui.
Affiliate merupakan kaedah perniagan yang berteraskan perkongsian keuntungan yang ditawarkan oleh seseorang pemilik laman web perniagaan sekiranya anda berhasil menghasilkan jualan terhadap produk mereka.
Dalam kata lain anda hanya perlu mempromosikan produk tersebut dan menerima komisi sekiranya promosi yang dijalankan berhasil di jual.

JENIS-JENIS AFFILITE.
1. Pay-Per Sale Affiliate Program
Dalam kaedah ini, kita akan memperoleh keuntungan apabila seseorang membeli produk melalui affiliate link kita. Cotohnya produkyang biasa dipasarkan dengan menggunakan cara ini adalah penjualan ebook ataupun perisian. Biasanya keuntungan yang diperoleh hingga 80%. Keuntungan ini biasanya ditetapkan oleh affiliate merchant. Selain itu ada juga affiliate merchant yang menetapkan keuntungan yang akan mereka bayar kurang dari 50%.
2. Recurring Affiliate Program
Dalam program recurring, affliate merchant akan memberi keuntungan kepada kita secara tetap ataupun berkala. Biasanya program ini ditawarkan kepada kita karena menyertai suatu produk dengan bayaran secara bulanan.
Contohnya adalah seperti webhosting, autoresponder ataupun membership website seperti affiliate classroom Walaupun keuntungan yang diterima dengan jumlah yang kecil tetapi program ini tetap memberi kelebihan kepada kita. kenapa? Ini adalah karena, kita boleh menerima keuntungan selagi pelanggan membayarnya setiap bulan. Sebagai contoh kita lihataffiliate classroom. Untuk menyertai program ini kita perlu membayar produk yang disediakan setiap bulan sebanyak $47. Jika kita ingin mendapat keuntungan dari apa yang telah kita kerjakan, kita hanya mempromosi affiliate classroom menggunakan affiliate link. Di mana jika ada pelanggan yang menyukai affiliate classroom melalui afffiliate link kita, Kita akan menerima keuntungan setiap bulan.

3. Pay Per Lead Affiliate Program
Pay-per-lead adalah jenis affiliate program yang menerima keuntungan untuk setiap prospek (leads) dengan kelayakan tertentu yang kita bawa ke website merchant melalui affiliate link. Affiliate merchant akan memutuskan adakah leads yang kita bawa memenuhi kelayakan yang mereka tetapkan atau tidak.
4. Pay-Per-Click Affiliate Program
Pay-Per-Click Affiliate Program merupakan satu program yang unik. Ini adalah karena anda akan mendapat bayaran apabila link iklan di website anda di klik oleh pengunjung. Beberapa masyarakat tertentu yang bersedia membayar apabila link iklan mereka di klik oleh pengunjung di website anda. Anda hanya perlu menyediakan ruang iklan di website anda untuk program sebegini.
5. Pay-Per-Search Affiliate Program
Pay-Per-Search Affiliate Program ini hampir serupa dengan pay-per-click. Perbedaannya hanyalah pada modelnya saja. Melalui program inianda akan menerima bayaran apabila pengunjung di website anda mencari program dengan menggunakan “search box” yang telah anda tempatkan di website anda. Untuk lebih jelas, anda pasti mengetahui search engine seperti Google.com ataupun yahoo.com. Ya, pay-per-search adalah sama seperti search engine di mana program ini akan menjadikan websiteanda sebagai search engine. Anda perlu menempatkan “search box” di website anda, jika ada pengunjung menggunakannya dan klik pada link yang dipaparkan, anda akan menerima bayarannya.
6. Hybrid Programs
Hybrid Programs adalah di mana affiliate merchant menggabungkan beberapa program bayaran yang berbeda Sebagai contoh Affiliate merchant akan menawarkan $0.10 setiap kali pengunjung website akan klik pada link iklan mereka dan apabila ada pengunjungyang membeli produk mereka, affiliate merchant akan membayar keuntungan sebanyak 15% kepada anda.

7 ALASAN MEMULAI PROGRAM AFFILIATE.
Anda punya situs web? Terbiasa dengan komunikasi via email? Mengapa tidak yang satu ini yaitu dengan mengikuti program bisnis afiliasi? Yaitu untuk menambah uang Anda.
Ada begitu banyak kesempatan bisnis di Internet. Hampir semuanya memang membutuhkan dana. Tetapi, tidak dengan program afiliasi!
Berikut ini adalah 7 alasan mengapa anda harus mempertimbangkan untuk bergabung dengan progran afiliasi dari rumah anda.
1.Bergabung dengan program afiliasi tidak perlu mengeluarkan dana. Benar-benar tidak perlu! Anda dapat bergabung dengan sebuah program afiliasi tanpa harus mengeluarkan biaya dan dapat segera mempromosikan produk anda.
2.Sarana dan prasarana untuk pemasaran lewat internet sudah disediakan untuk anda. Sebuah situs web yang menawarkan program afiliasi yg ‘bagus’ pasti akan memberikan banyak sarana afiliasi pemasaran yang bersifat ‘siap pakai’. Anda hanya tinggal meng- ‘copy dan paste’ dan memasukkan kode afiliasi anda. Kemudian, mulailah menjual.
3. Anda tidak butuh sebuah produk. Akan menghabiskan BANYAK waktu untuk mengembangkan produk anda untuk dijual secara online. Dengan program afiliasi, produk tersebut sudah ada di sana. Orang lain yang akan mengerjakannya, bukan anda.
4. Statistik afiliasi sudah disediakan sebagai bagian dari sistem mereka, karena Anda bergabung dengan program afiliasi. Anda tidak perlu pergi dan membeli perangkat lunak yang mahal untuk melacak penjualan anda karena pemilik produk sudah menyiapkannya untuk anda. Anda bahkan tidak perlu membayarnya, gratis!
5. Tidak dibutuhan waktu untuk memulainya. Kebanyakan bisnis butuh suatu waktu dalam fase ‘start up’. Dengan program pemasaran afiliasi, maka anda tidak membutuhkan waktu ‘start up’ itu semua lagi. Pada waktu anda bergabung, anda dapat langsung menjual.
6. Anda tidak perlu kuatir lagi berkenaan administrasi penjualan dan dukungan teknis lainnya. Pemilik produk sudah akan mengurus proses penjualannya dan semua layanan purna jual.Yang hanya perlu anda kuatirkan adalah menerima cek afiliasi anda!
7. Anda tidak perlu kuatir untuk kontak langsung pelanggan Anda. Di dalam sebuah program pemasaran afiliasi, anda adalah seorang ‘reseller’ sehingga jika pelanggan mengajukan komplain mereka akan menghubungi pemilik produk, dan bukan anda..

APA ITU AFFILIATE MARKETING.
Bila Anda ingin memulai bekerja sebagai Internet Marketer / memulai suatu bisnis di internet, Anda harus paham mengenai Affiliate/Internet Marketing. Karena dalam menjalankan bisnis internet dan untuk mendapatkan penghasilkan dari internet tidak lepas dari affiliate marketing.

PEMASARAN MELALUI AFFILIATE.
Apa yang dimaksud dengan Pemasaran melalui Afiliasi?
Penjualan afiliasi telah berubah menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk situs-situs “content-driven” untuk menghasilkan keuntungan tanpa harus langsung menawarkannya kepada para tamunya. Hanya melalui spanduk, teks dan artikel yang sah dimana isi situsnya menjelaskan produk-produk yang ia sukai dan gunakan.
Penjualan jenis ini memiliki sebuah keuntungan untuk ketiga segi yang terlibat. Akan ada banyak keuntungan bagi para pedagang untuk mengembangkan penjualan melalui web, karena situs-situs afiliasi menghasilkan banyak keuntungan dan bagi para konsumen dapat menemukan informasi tentang produk-produk yang mereka inginkan tanpa harus “terlihat wajah mereka”.
Pemasaran afiliasi dapat diaplikasikan untuk tiga model bisnis, yaitu ;
1. Memberikan Komisi hasil penjualan dari produk yang di-refer
2. Memberikan komisi karena telah me-refer sejumlah prospek
tanpa mempedulikan mereka beli atau tidak (dengan tujuan
pertama-tama membangun “brand” saja)
3. Memberikan komisi karena telah me-refer sejumlah orang agar
“subscribe” ke Opt-In list Anda.

Bagaimana cara bekerjanya?
Dengan Penjualan Afiliasi, seorang pedagang mengambil isi situs sebagai partner afiliasi mereka dalam pasar untuk meraih komisi. Pedagang menyediakan spanduk iklan yang tersambung ke afiliasi mereka dan menentukan sebuah komisi untuk setiap click ke situs mereka, berlangganan ke service mereka (sebuah leads/prospek untuk menjadi kastamer), atau membeli produk mereka yang dihasilkan dari “link”.
Afiliasi menempatkan pelacakan kode iklan-iklan ini untuk dimasukkan ke dalam halaman-halaman Web mereka. Kapanpun seorang pengunjung masuk ke situs afiliasi dengan menggunakan link ini untuk menghasilkan sebuah “click-through, petunjuk, atau penjualan barang dimana transaksinya dapat dilacak secara online. Jika sebuah produk atau jasa debeli, maka pelanggan membayar langsung, dan mendapat komisi atas transaksi tersebut.

Mengapa efektif!
Ribuan orang di seluruh dunia telah menggunakan sebuah website e-commerce yang diaktifkan. Tetapi, kebanyakan tidak memiliki waktu, kesabaran atau keinginan untuk memenangkan persaingan dalam menciptakan produk yang eksklusif dari awalnya, mempelajari setiap detail bahwa ada yang harus diketahui tentang iklan online dan e-commerce dan kemudian men-set up sebuah website untuk dijual.
Orang-orang yang sibuk seperti anda dan saya mamiliki alternatif dan kesempatan yang baik dalam bisnis afiliasi. Karena anda masih dapat memilki website yang bagus dengan isi sebanyak yang anda inginkan dan menghasilkan berlimpah penjualan darinya tanpa harus melalui persaingan dalam membangun produk anda sendiri. Ditambah lagi, banyak produk yang dapat anda jual melalui program afiliasi telah memiliki catatan penjualan yang telah terbukti yang adalah produk berkualitas tinggi yang telah dicari orang-orang.

KUNCI SUKSES AFFILIATE.
Berikut ini adalah beberapa kunci sukses dalam menjalankan affiliasi program :
1. Pilih program affiliasi yang memilik produk-produk yang bagus, berguna, disukai banyak orang, best seller atau memiliki nilai penjualan tinggi. Jika anda bergabung di sebuah affiliasi yang produknya biasa saja dan tidak diminati banyak orang maka bagaimana mungkin anda bisa melakukan penjualan atau perekrutan member baru.?
2. Pilih program affiliasi yang memiliki seles letter paling menarik. dan persuasif.
Memiliki produk yang bagus bukanlah satu-satunya alasan seorang pengunjung situs untuk membeli atau bergabung pada sebuah affiliasi. Selles letter yang persuasif dan menarik minat pembaca untuk melakukan keputusan “YA saya harus membeli produk ini ” atau ” YES saya harus nergabung dengan program affiliasi ini.
3. Pilih program affiliasi yang memberikan peluang residual income atau passif Income.
4. Pilih program affiliasi yang terbukti sukses dan banyak peminatnya.
5. Pilih dan konsentrasilah pada beberapa program affiliasi saja.
6. Perhatikan Kredibilitas Pengelolanya.
Pastikan program yang anda ikuti pengelolanya dapat dipercaya..Pastikan anda tahu alamat pengelolanya atau adminnya yang bisa di hubungi dengan mudah.Pastikan alamat email, no telp dan kalau perlu alamat rumahnya atau kantor adalah alamat yang benar. dan bukan alamat fiktif.
7. Lakukan tugas anda satu-satunya dengan baik.
Setelah anda menjadi member sebuah affiliasi maka satu-satunya ‘ tugas ” yang harus anda lakukan adalah mempromosikan program tersebut. Makin banyak orang melihat iklan anda makin banyak yang berkunjung ke website anda. makin banyak yang berkunjung ke website anda maka makin banyak yang kemungkinan orang yang akan membeli produk anda. Ini berarti makin besar pula penghasilan anda.
8.Jika anda mau bergabung pada ssebuah program affiliasi / mlm bergabunglah hanya lewat sponsor atau upline yang berkualitas.
Berkualitas disini maksudnya adalah sponsor atau upline yang telah berpengalaman dan rajin untuk terus melakukan promosi dan bersedia melakukan dukungan serta support penuh pada anda jika mengalami kesulitan. Selain itu ” sponsor yang berkualitas akan sangat berguna pada program yang menggunakan sisten spillover. Jika anda bergabung lewat sponsor atau upline yang rajin berpromosi maka anda akan mendapatkan limpahan member “spill over ” maupun randomizeer” darinya.

KESIMPULAN.

Affiliate adalah satu program pemasaran yang sah dan sangat berkesan di Internet dan mempromosikan sesuatu produk atau service di website anda. Affiliate adalah ejen jualan untuk sesuatu produk. Mereka akan dibayar apabila mereka menjual sesuatu produk, biasanya dalam bentuk komisen.Lebih banyak yang mereka jual, lebih banyak yang mereka perolehi.Mempromosikan sesuatu produk pihak lain di website anda boleh menjana pendapatan anda yang lumayan.

LALU, Apakah Genpenus termasuk dalam kategory affiliate ..???

Coba bandingkan dengan MLM dan Pay Per Lead

Mengenal MLM dan Investasi

Tidak sedikit orang yang berteriak dan menduga bahwa genpenus adalah sebuah MLM, skema ponzi dan bisnis investasi lainnya dikarenakan systemnya ada hal perekrutan member atau anggota ” katanya ” , Publik beranggapan bahwa MLM atau multi level marketing merupakan sebuah skema yang berakhir pada penipuan. Alhasil, MLM sering dicap sama dengan penipuan. Bahkan bisa sama juga investasi dicap sama dengan penipuan. Ini menyebabkan banyak orang menghindari segala hal berbau investasi dan MLM.

Meski demikian, perlu kami jelaskan bahwa keduanya (MLM dan investasi) tidak dapat disamakan. Bila Anda bertanya mengenai investasi yang menjurus ke penipuan maka bisa membaca pada artikel-artikel kami di website genpenus ini.

Pada kali ini kami tergelitik untuk kembali membahas sedikit mengenai multi level marketing. Akibat banyaknya penipuan yang mengatasnamakan MLM, metode ini mendapat cap yang buruk dimata masyarakat.

Menurut kami MLM adalah sebuah metode penjualan berjenjang. Misalnya, saya memiliki sebuah produk Sabun mandi, penjualan normal Sabun mandi adalah kami jual dan Anda beli, bila Anda beli maka kami dapat keuntungan.

Apa jadinya bila Anda ingin menjual Sabun mandi yang Anda beli dari kami ? Jelas,.. harus dijual lebih mahal dari pembelian Anda atau Anda bisa meminta diskon agar bisa tetap mendapat keuntungan dengan menjual dengan harga penjualan pertama, betul…?

Namun bagaimana bila seperti ini : Anda membeli Sabun mandi dari kami, dan kami menginformasikan bahwa dengan Anda menjualnya kembali kepada orang lain Anda akan mendapatkan keuntungan, bukan diberikan oleh kami, tapi oleh perusahaan pembuat Sabun mandi ? Dan ketika Anda menjual produk, bukan hanya Anda yang mendapat keuntungan, tapi juga kami yang telah mengenalkan Anda dengan produk Sabun mandi tersebut.

Itulah sebuah skema dasar dari penjualan berjenjang atau bertingkat, yakni pada setiap produk yang Anda beli atau jual sebenarnya sudah diperhitungkan keuntungan bagi penjualnya, hingga orang yang memberikan referensi. Bahkan keuntungan bukan hanya dari yang memberikan referensi kepada Anda, tapi orang yang memberikan referensi kepada rekan Anda yang mengenalkan produk kepada Anda, boleh dikatakan bila Anda anak, maka yang mengenalkan kepada Anda adalah ayah, maka yang mengenalkan produk kepada rekan Anda (si ayah) adalah kakek.

Ketika Anda (anak) menjual produk, maka baik ‘ayah’ dan ‘kakek’ juga mendapatkan keuntungan. Dan tentunya ketika orang lain Anda tawarkan untuk menjual di situlah Anda menjadi ‘ayah’. Dalam multi level marketing dikenal dengan jaringan atau level kedalaman.

Lalu apa hubungannya dengan penipuan..? Karena seperti yang telah saya tuliskan, bahwa perusahaan memang telah memperhitungkan keuntungannya dalam Sabun mandi yang Anda jual, tentunya keuntungan dibagi-bagi tidak ada masalah dong?

Dengan metode MLM, sebenarnya perusahaan bukannya memboroskan uang dengan membagi-bagi keuntungan kepada para penjualnya, melainkan bisa menghemat biaya distribusi dan pemasaran (biaya iklan) karena biaya tersebut adalah biaya yang mahal dalam sebuah industri perdagangan.

Masalah pertama dari MLM gadungan adalah mereka tidak pernah menjalankan bisnis multilevel yang sehat tapi hanya menebar informasi yang  bertujuan hanya untuk mendapatkan keuntungan pada dirinya sendiri, bukan pada siklus sejatinya MLM.

Setidaknya bila Anda ingin menekuni sebuah penawaran MLM ada beberapa tips singkat:
1. Apakah perusahaan memiliki SIUPL atau Surat Ijin Usaha Penjualan Langsung?
Bukan SIUP  (Surat ijin Usaha Perdagangan) dan TDP (Tanda Daftar Perusahaan)! Banyak orang tidak mengetahui bahwa membuat sebuah perusahaan MLM perlu memiliki SIUPL, dan perhatikan juga bahwa SIUPL menempel pada sebuah produk, bisa saja dalam sebuah perusahaan memiliki produk A dan B, lalu yang telah diberikan izin SIUPL adalah produk A, sehingga dengan menjual A dan B secara MLM sebenarnya produk B dapat dikatakan ilegal.

2. Apakah ada produknya?
Sebuah bisnis MLM tentunya perlu memiliki produk. Produknya bisa apapun dengan penjualan berbasis MLM seperti buku, komputer, sabun, dan lain sebagainya.
Bila tidak ada produknya, maka perlu dipertanyakan lebih detail karena hingga saat ini penerbitan SIUPL bagi jasa yang di-MLM-kan masih belum jelas, perlu ditanyakan kepada Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM.go.id).
Jangan terburu nafsu ikut menjual! Karena ingat, ketika Anda menjual produk MLM Anda sedang “menjual diri” Anda kepada orang yang ditawarkan, bila produk tersebut bermasalah maka Anda juga bisa menjadi tersangka karena ikut menawarkan!

3. Berhitung dari mana keuntungan perusahaan.
Meskipun Anda tidak berniat membuat sebuah produk saingan, coba perhitungkan dari mana keuntungan perusahaan MLM dapat dihasilkan?
Pada umumnya produk MLM lebih mahal dibandingkan produk sejenis. Selain itu, bila perusahaan ini berhenti melakukan rekrutmen penjual baru (anggota), apakah masih bisa bertahan?
Lalu pelajarilah kelemahan-kelamahan dari sistem MLM yang pastinya Anda bisa pelajari di dunia maya yang begitu banyak informasinya. Misalnya, bagaimana pembayaran maksimum dari sebuah keuntungan dan lainnya karena sebuah sistem tidak akan ada yang sempurna. Tidak sedikit perusahaan MLM merugi karena dimanfaatkan kelemahan atau celah perhitungan anggotanya.

Semoga setiap orang di Indonesia lebih cermat dalam melakukan justifikasi pada setiap skema bisnis dan investasi agar negara kita menjadi lebih baik di kemudian hari.

Bisnis Multi Level atau yang lebih dikenal dengan MLM ini pada dasarnya merupakan sebuah bisnis sehat yang mana mempunyai peluang memperoleh income atau penghasilan yang cukup besar.

Hal ini terbukti dengan banyaknya orang yang telah membuktikan kesuksesan dari menjalankan sebuah bisnis MLM ini. Sedangkan untuk pelaku dari bisnis ini terdiri dari semua golongan, status sosial dan juga semua umur, tapi yang jelas hampir setiap orang dapat menjalankan bisnis MLM ini.

Dan tidak sedikit pula yang mendapatkan kesuksesan dengan menjalankan bisnis ini, akan tetapi yang jelas bisnis apapun yang kita lakukan dengan serius dan juga konsisten pastinya akan membuahkan hasil yang maksimal. Karena sebuah proses tak akan menghianati hasil tentunya.

Akan tetapi, seiring dengan perkembangan model bisnis ini dan ditambah pula dengan masuknya beberapa perusahaan asing yang mana hal tersebut terbukti ilegal menurut hukum yang ada di Indonesia yang mana dalam hal tersebut mengatasnamakan bisnis Multi Level Marketing.

Hal tersebut otomatis akan juga berimbahas kepada perusahaan-perusahaan atau usaha yang memang menjalankan bisnis MLM murni ini. Maka hasilnya setiap  bisnis MLM ini sering kali dikaitan atau dipandang sebagai bisnis yang ilegal seperti halnya dengan bisnis model Pyramyd, Money Game sampai dengan  Schema Phonzy.

Yang jelas semua itu akan membuat citra dari bisnis MLM menjadi buruk di mata kalangan masyarakat. Bahkan sekarang-sekarang ini banyak pula bisnis yang mana berkedok sebagai MLM yang mana mempunyai konsep manusia membantu manusia bahkan sampai dengan investasi bodong. Sungguh hal tersbeut tidak masuk akal bukan? OH iya dalam artikel kali ini tak akan banyak membahas bisnis tersebut karena rentan akan adanya unsur provokasi.

Saat kita membahas mengenai MLM ini tidak cukup dengan satu artikel saja. Tapi yang jelas disini kita kan belajar untuk memahami ciri-ciri bisnis Multi Level Marketing yang baik dan sebagai bahan pertimbangan untuk kita memilih bisnis MLM yang akan kita jalankan.

Lalu Bagaimana dengan status GENPENUS, apakah MLM atau bukan ?

coba bandingkan dengan affiliate dan Pay Per Lead

Hal terpenting saat Wawancara Kerja

3 Hal terpenting saat Wawancara Kerja

Berikut ini terdapat  langkah-langkah dari tim Jooble untuk menuju keberhasilan Anda di dalam meraih pekerjaan idaman Anda. Metode dan langkah ini sudah diuji cobakan oleh berbagai kandidat , berdasarkan trial and error ditambah dengan berbagai modul, ide-ide terbaik yang kami rangkum dalam artikel ini, jadi Anda tidak perlu menemui banyak hambatan seperti saya pada waktu lalu.

Ada 3 hal yang menjadi poin-poin utama dalam interview kerja, yaitu:

1.Perilaku.

Perilaku adalah hal yang sangat mempengaruhi kesuksesan Anda saat diwawancarai pada temapt kerja baru Anda. Ciri-ciri yang paling penting dalam perilaku seorang pelamar kerja adalah image diri, antusiasme, keberanian dan keterbukaan terhadap pengetahuan baru, pola pikiran positif dan kemampuan kerja keras terus.

2. Penampilan

Penampilan seorang pencari kerja atau karyawan baru selalu menjadi sumber pertama untuk mengetahui lebih dalam tentang Anda. Sehubungan dengan ini, penampilan seringkali berperan sangat penting pada waktu diwawnacarai. Cara berpakaian, gaya berbicara, bahasa tubuh, dan kepercayaan diri Anda yang kuat adalah hal-hal yang secara signifikan dapat mempengaruhi penilaian pemberi kerja terhadap penampilan Anda.

3. Cara berkomunikasi

Jumlah besar perusahaan menilai keterampilan berkomunikasi saat bertemu dengan karyawan baru. Jangan heran jika penilaian terhadap kemampuan komunikasi kandidat karyawan merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam saat wawancara kerja.

Umumnya, penilaian kemampuan komunikasi ini merupakan kumulatif dari penilaian terhadap beberapa sifat yang dimiliki oleh calon karyawan, seperti: kemudahan dalam berbicara, penggunaan bahasa tubuh dalam berkominikasi, keruntutan logika dalam penyampaian ide, kemampuan mendengarkan dan memahami gagasan rasa orang lain, penghargaan terhadap sikap orang lain, rasa empati dan simpati, cara memberi dan menerima kritik, serta kemampuan mereka dalam mengelola konflik dengan orang lain.

Di dalam artikel ini telah dijelaskan secara terperinci ke 3 langkah tersebut di atas, sehingga Anda dapat dengan mudah mempersiapkan diri dalam menghadapi wawancara kerja, apapun posisi kerja yang Anda lamar.

salam sukses

One site. All jobs

Aplikasi MobilePay google play

Genpenus MobilePay adalah sebuah aplikasi online untuk ponsel android yang terdapat pada google Play store.

Aplikasi ini memiliki update versi terbaru 1.2.0 dari aplikasi Genpenus MobilePay,

Anda dapat melakukan Download Genpenus MobilePay gratis langsung dari ponsel android anda.

picture-unggulan

Fitur Aplikasi Genpenus MobilePay Android Terbaru

Genpenus MobilePay ( GMP ) merupakan aplikasi unit usaha ekonomi kerakyatan yang ringan, cepat, aman dan mudah digunakan.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk :
– Membeli Pulsa Online (All Operator dan Nominal)
– Membeli Token PLN
– Membeli Voucher Game
– dll

dan bisa digunakan untuk mengecek dan membayar:
– Tagihan Rekening Bulanan PLN, PDAM atau TELKOM
– TV Kabel
– Angsuran/cicilan Kredit Multifinance
– BPJS Kesehatan
– dll

Keunggulan Genpenus MobilePay ( GMP ) :
1. Transaksi pembelian maupun pembayaran online bisa dilakukan selama 24 Jam
2. Bisa langsung transaksi atau daftar member dengan sistem deposit (minimal Rp 50.000)
3. Mendukung pembayaran dari bank BCA, Mandiri, BNI dan BRI
4. Dilengkapi fitur cek transaksi untuk memudahkan pengguna melacak dan melihat transaksi-transaksi yang pernah dilakukan
5. Layanan Costumer Service Online 24 Jam via SMS, Line dan Whatsapp

Cukup Bayar Sekali, Bisa Transaksi Berkali-kali
Lebih Praktis, Hemat & Cepat, Download dan buktikan sekarang juga!

 

download aplikasi Genpenus MobilePay

aplikasi Genpenus MobilePay

Aplikasi Genpenus MobilePay yang dibuat oleh Karyatama Solusindo.

Silahkan Download Genpenus MobilePay untuk ponsel Android dan ini gratis untuk anda dan instal.

Aplikasi Genpenus MobilePay

Revolusi Mental

Revolusi (dari bahasa latin revolutio, yang berarti “berputar arah”) adalah perubahan fundamental (mendasar) dalam struktur kekuatan atau organisasi yang terjadi dalam periode waktu yang relatif singkat. Kata kuncinya adalah Perubahan dalam Waktu Singkat.

            Revolusi mental merupakan suatu gerakan seluruh masyarakat baik pemerintah atau rakyat dengan cara yang cepat untuk mengangkat kembali nilai-nilai strategi yang diperlukan oleh Bangsa dan Negara sehingga dapat memenangkan persaingan di era globalisasi.

Revolusi mental mengubah cara pandang, pikiran, sikap dan perilaku yang berorientasi pada kemajuan dan kemoderenan, sehingga menjadi bangsa besar dan mampu berkompetisi dengan bangsa-bangsa lain di dunia.

Mendengar kata revolusi mental bukanlah hal yang baru bagi bangsa Indonesia, karena sebelumnya presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno telah mencetuskan ini. Namun, belakangan ini kata revolusi mental tengah hangat menjadi topik pembicaraan. Karena kata revolusi mental ini menjadi jargon atau program pemerintahan presiden Jokowi yang tertuang dalam Nawa Cita poin ke delapan (8). Nawa Cita adalah istilah umum yang diserap dari bahasa Sanskerta, nawa (sembilan) dan cita (harapan, agenda, keinginan).

Moralitas menjadi melonggar. Sesuatu yang dulu dianggap tabu, sekarang menjadi biasa-biasa saja. Cara berpakaian, berinteraksi dengan lawan jenis, menikmati hiburan di tempat-tempat spesial dan menikmati narkoba menjadi tren dunia modern yang sulit ditanggulangi. Globalisasi menyediakan seluruh fasilitas yang dibutuhkan manusia, positif maupun negatif. Banyak manusia terlena dengan menuruti semua keinginannya, apalagi memiliki rezeki melimpah dan lingkungan kondusif.

Akhirnya, karakter bangsa berubah menjadi rapuh, mudah diterjang ombak, terjerumus dalam tren budaya yang kebarat baratan. Prinsip-prinsip moral, budaya bangsa, dan perjuangan hilang dari karakteristik mereka. Inilah yang menyebabakan dekadensi moral serta hilangnya kreativitas dan produktivitas bangsa. Sebab, ketika karakter suatu bangsa rapuh maka semangat berkreasi dan berinovasi dalam kompetensi yang kekat akan mengendur, dan mudah dikalahkan oleh semangat konsumerisme, hedonisme, dan lain-lain.

Pembangunan manusia melingkupi 3 dimensi, yaitu sehat, cerdas, berkepribadian. Sehat berarti dimulai dengan fisik kita yang senantiasa fit dan bugar.  Cerdas berarti mengarah pada otak kita yang selalu berpikir dan diasah sehingga memiliki kemampuan analisis yang tajam dan berkualitas.  Sedangkan berkepribadian adalah kaitannya dengan kehendak yang berbudi pekerti luhur.  Perlunya revolusi mental adalah karena penyakit seperti emosi/mental/jiwa akan berdampak pada individu berupa malasnya seseorang dan tidak mempunyai karakter.  Kemudian dampaknya akan menular kepada masyarakat yang ditandai dengan gangguan ketertiban, keamanan, kenyamanan, kecemburuan sosial, dan ketimpangan sosial.  Lebih jauh lagi, akan berdampak negatif pada bangsa dan negara.  Bangsa kita akan lemah dan menjadi tidak bermartabat.  Kemudian produktivitas dan daya saing kita menjadi rendah

Adapun rumusan Agenda Prioritas Pembangunan yang ditetapkan oleh Pemerintahan Jokowi dan Yusuf Kalla diberi nama Nawa Cita (9 agenda prioritas) :

  1. Menghadirkan kembali Negara untuk melindungi segenap dan memberikan rasa aman pada suluruh warga Negara.
  2. Membuat Pemerintah tidak absen dengan membangun tata kelola Pemerintah yang bersih, efektif, demokratis dan terpercaya.
  3. Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka Negara kesatuan
  4. Menolak Negara lemah dengan melakukan reformasi sistem dan penegakan hukum yang bebas korupsi, bermartabat dan terpercaya.
  5. Meningkatka kualitas hidup manusia.
  6. Mewujudkan melalui peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan dengan program Indonesia Pintar, Indonesia Kerja dan Indonesia Sejahtera, kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik.
  7. Meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar Internasional.
  8. Melakukan revolusi karakter bangsa melalui kebijakan penataan kembali kurikulum pendidikan nasional dengan mengedepankan aspek pendidikan kewarganegaraan, yang menempatkan secara proporsional aspek pendidikan, seperti pengajaran sejarah pembentukan bangsa, nilai-nilai patriotisme dan cinta Tanah Air, semangat bela negara dan budi pekerti di dalam kurikulum pendidikan Indonesia.
  9. Memperteguh ke-bhinekaan dan memperkuat restorasi sosial Indonesia melalui kebijakan memperkuat pendidikan ke-bhinekaan.

Tiga Nilai Revolusi Mental

  1. Integritas (jujur, dipercaya, berkarakter, bertanggung jawab)
  2. Kerja Keras (etos kerja, daya saing, optimis, inovatif dan produktif)
  3. Gotong royong (kerja sama, solidaritas, komunal, berorientasi pada kemaslahatan)

Strategi Internalisasi 3 Nilai Revolusi Mental

  1. Jalur birokrasi

Internalisasi 3 nilai revolusi mental pada Kementrian/Lembaga melalui:

  1. Pembentukan tugas gugus dan pic
  2. Tersusunnya program, kegiatan nyata berbasis nilai-nilai revolusi mental.
  3. Menjadi contoh tauladan (role model)
  1. Jalur swasta
  • Memperkuat kemitraan antara pengusaha kecil dan pengusaha besar.
  • Inseftif pengurangan pajak bagi pengusaha Indonesia yang mengembangkan produk lokal inovatif.
  • Instruksi presiden kepada pengusaha media untuk berkolaborasi mempromosikan revolusi mental.
  • Mengembangkan lembaga keuangan mikro di desa.
  • Mendukung inisiatif usaha menengah membuka pasar/sentral yang menjual produk lokal yang inovatif, kreatif dan harga terjangkau.
  1. Jalur Kelompok Masyarakat
    • Pembudayaan 3 nilai revolusi mental dalam kelompok masyarakat
    • Membangun role model
    • Aspirasi terhadap kelompok masyarakat

Keteladanan oleh tokoh

  1. Jalur Pendidikan
  • Memperkuat kurikulum pendidikan kewarganegaraan pada semua jenjang, jenis dan jalur pendidikan untuk membangun integrasi, membentuk etos kerja keras dan semangat gotong royong.
  • Menerapka ekstra kurikuler revolusi mental di sekolah.
  • Meningkatkan sarana pendidikan yang merata.
  • Meningkatkan kompotensi guru dalam mendukung revolusi mental

Dunia pendidikan sangat bertanggung jawab dalam menghasilkan lulusan-lulusan yang memiliki akademis bagus dan moral yang baik. Walaupun pada kenyataannya potret pendidikan di Negara kita dari segi akademis sangat bagus tetapi dari segi karakter ternyata masih bermasalah. Siapa yang tidak mengelus dada ketika melihat seorang pelajar yang tidak punya sopan santun, pendendam, mencontek, hobi narkoba, tawuran, membolos sekolah, aborsi, berjudi bahkan bagus nilainya untuk “mata pelajaran” pornografi. Contoh-contoh tersebut merupakan jenis kenakalan pelajar yang umum. Namun, tidak menutup mata pelajar yang patut dibanggakan juga ada, seperti mereka yang menjuarai olimpiade sains, baik ditingkat nasional maupun internasional. Bahkan, ada pelajar Indonesia yang berhasil menjadi juara umum dalam International Conference of Young Scientists (ICYS) atau Konferensi Internasional Ilmuan  Muda se-Dunia yang diikuti ratusaan pelajar SMA dari 19 negara di Bali pada 12-17 April 2010

Kegagalan pendidikan di Indonesia menghasilkan manusia yang berkarakter diperkuat oleh pendapat I Ketut Sumarta dalam tulisannya yang berjudul “Pendidikan yang Memekarkan Rasa”. Dalam tulisannya, Ketut Sumarta mengungkapkan bahwa pendidikan nasional kita cenderung hanya menonjolkan pembentukan kecerdasan berpikir dan menepikan penempatan kecerdasan rasa, kecerdasan budi, bahkan kecerdasan batin. Dari sini lahirlah manusia-manusia yang berotak pintar, manusia yang berprestasi secara kuantitatif akademik, tetapi tidak berkecerdasan budi.

Dalam dunia pendidikan, terdapat tiga ranah yang harus dikuasai oleh siswa, yaitu ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Ranah kognitif berorientasi pada ilmu pengetahuan dan teknologi, ranah afektif berkaitan dengan (sikap) attitude, moralitas, spirit, dan karakter, sedangkan ranah psikomotorik berkaitan dengan keterampilan bersifat prosedural dan cenderung mekanis.

Dalam realitas pembelajaran di sekolah, usaha untuk menyeimbangkan ketiga ranah tersebut memang selalu diupayakan, tetapi pada kenyataannya yang dominan adalah ranah kognitif, kemudian psikmotorik. Akibatnya adalah peserta didik kaya akan kemampuan bersifat hard skill, tetapi miskin soft skill karena ranah afektif terabaikan. Gejala ini tampak pada output pendidikan yang memiliki kemampuan intelektual tinggi, pintar, juara kelas, tetapi miskin kemampuan membangun relasi, kurang mampu berinteraksi dan bekerjasama, cenderung egois serta menjadi pribadi yang tertutup

  • Perubahan Dimulai Dari Pendidikan Itu Sendiri (Revolusi Pendidikan)

Pendidikan membutuhkan komitmen dan integritas para pemangku kepentingan di bidang pendidikan untuk secara sungguh-sungguh menerapkan nilai-nilai kehidupan di setiap pembelajaran. Pendidikan seharusnya tidak sekadar mengajarkan mana yang benar dan mana yang salah, tetapi juga menanamkan kebiasaan menjadi sebuah hoby tentang hal mana yang baik. Dengan alasan begitu, anak didik menjadi paham dan mengerti tentang mana yang baik dan salah serta mampu merasakan nilai yang baik, perilaku yang baik, dan biasa melakukanya dalam kehidupan mereka sehari-hari.

  • Revolusi Mental Dalam Dunia Pendidikan Harus Dijalankan secara Total

Dengan adanya Pendidikan formal melalui sekolah dapat menjadi lokus untuk memulai revolusi mental ini. pendidikan diarahkan pada pembentukan etos warga negara. Proses pedagogik membuat etos warga negara ini tumbuh atau dapat menjadi tindakan sehari-hari. Cara mendidik perlu diarahkan dari pengetahuan diskursif  ke pengetahuan praktis yang artinya, membentuk etos bukanlah pembicaraan teori-teori etika yang abstrak, tetapi bagaimana membuat teori-teori tersebut mempengaruhi tindakan sehari-hari. Pendidikan diarahkan menuju transformasi di tataran kebiasaan. Pendidikan mengajarkan keutamaan yang merupakan pengetahuan praktis. Revolusi mental membuat kejujuran dan keutamaan yang lain menjadi suatu disposisi batin ketika siswa berhadapan dengan situasi konkret.

  • Ijazah Inti dari Pendidikan Bukan Sekedar Gelar Semata Tanpa Ada Ilmu Yang didapatkan.

Masyarakat yang memandang ijazah sebagai tujuan pokok dari seluruh proses pendidikan maka kehilangan makna dari pendidikan itu sendiri. Menurut mereka Jika Bersekolah itu hanya usaha untuk mendapatkan ijazah saja. Agar mendapatkan ijazah dengan keterangan yang memuaskan, nilai-nilai ujian perlu digenjot. Ijazah menjadi golden ticket untuk meneruskan perjuangan hidup berikutnya. Ijazah digunakan untuk melamar pekerjaan dan mendapatkan jabatan sehingga kesejahteraan hidup pun terjamin.

Revolusi terhadap mental gila ijazah ini memang tidak mudah sebab perbaikan tidak hanya melibatkan sistem pendidikan melainkan juga sistem ekonomi dan politik. Sistem penilaian dalam pendidikan perlu dibuat agar tidak terlalu mementingkan kuantitas. Lapangan pekerjaan juga perlu diperluas agar orang tidak khawatir akan kesempatan yang ia dapatkan untuk mengembangkan diri di suatu lapangan pekerjaan tertentu.

  • Pelajaran Agama Harus Diperkuat dan Di Khususkan Disetiap Sekolah Walaupun Sekolah Umum

Walaupun Pada kurikulum 2013 banyak mengundang kritik dari para pemerhati pendidikan dalam negeri ini karena Kurikulum 2013 memiliki tujuan besar untuk mengubah moral peserta didik menjadi lebih baik melalui pendidikan agama yang dikhususkan dan diperbanyak Jam Belajarnya walaupun sekolah berstatus umum. Namun dengan kebijakan tersebut Kekeliruan mulai pecah dalam masyarakat kita ketika penerapan kurikulum 2013 dilakukan dengan memperbanyak ajaran agama.

Anggapan bahwa mereka mengatakan jika memperbanyak pelajaran agama dapat mengubah perilaku menjadi baik dan berakar dari asumsi pembedaan yang tajam antara budaya dalam bentuk pola pikir, perasaan dan tindakan yang lebih menjurus yang akan menimbulkan perbedaan satu dengan yang lainnya. Padahal dalam kenyataan hal tersebut tidak menjamin nilai-nilai yang dipelajari di sekolah menjadi cara berpikir dalam praktek hidup para pelajar. Dalam revolusi mental, perlu diupayakan perubahan asumsi dasar dalam memandang dan mengubah budaya tersebut.