Mengenal MLM dan Investasi

 BISNIS DAN USAHA

Tidak sedikit orang yang berteriak dan menduga bahwa genpenus adalah sebuah MLM, skema ponzi dan bisnis investasi lainnya dikarenakan systemnya ada hal perekrutan member atau anggota ” katanya ” , Publik beranggapan bahwa MLM atau multi level marketing merupakan sebuah skema yang berakhir pada penipuan. Alhasil, MLM sering dicap sama dengan penipuan. Bahkan bisa sama juga investasi dicap sama dengan penipuan. Ini menyebabkan banyak orang menghindari segala hal berbau investasi dan MLM.

Meski demikian, perlu kami jelaskan bahwa keduanya (MLM dan investasi) tidak dapat disamakan. Bila Anda bertanya mengenai investasi yang menjurus ke penipuan maka bisa membaca pada artikel-artikel kami di website genpenus ini.

Pada kali ini kami tergelitik untuk kembali membahas sedikit mengenai multi level marketing. Akibat banyaknya penipuan yang mengatasnamakan MLM, metode ini mendapat cap yang buruk dimata masyarakat.

Menurut kami MLM adalah sebuah metode penjualan berjenjang. Misalnya, saya memiliki sebuah produk Sabun mandi, penjualan normal Sabun mandi adalah kami jual dan Anda beli, bila Anda beli maka kami dapat keuntungan.

Apa jadinya bila Anda ingin menjual Sabun mandi yang Anda beli dari kami ? Jelas,.. harus dijual lebih mahal dari pembelian Anda atau Anda bisa meminta diskon agar bisa tetap mendapat keuntungan dengan menjual dengan harga penjualan pertama, betul…?

Namun bagaimana bila seperti ini : Anda membeli Sabun mandi dari kami, dan kami menginformasikan bahwa dengan Anda menjualnya kembali kepada orang lain Anda akan mendapatkan keuntungan, bukan diberikan oleh kami, tapi oleh perusahaan pembuat Sabun mandi ? Dan ketika Anda menjual produk, bukan hanya Anda yang mendapat keuntungan, tapi juga kami yang telah mengenalkan Anda dengan produk Sabun mandi tersebut.

Itulah sebuah skema dasar dari penjualan berjenjang atau bertingkat, yakni pada setiap produk yang Anda beli atau jual sebenarnya sudah diperhitungkan keuntungan bagi penjualnya, hingga orang yang memberikan referensi. Bahkan keuntungan bukan hanya dari yang memberikan referensi kepada Anda, tapi orang yang memberikan referensi kepada rekan Anda yang mengenalkan produk kepada Anda, boleh dikatakan bila Anda anak, maka yang mengenalkan kepada Anda adalah ayah, maka yang mengenalkan produk kepada rekan Anda (si ayah) adalah kakek.

Ketika Anda (anak) menjual produk, maka baik ‘ayah’ dan ‘kakek’ juga mendapatkan keuntungan. Dan tentunya ketika orang lain Anda tawarkan untuk menjual di situlah Anda menjadi ‘ayah’. Dalam multi level marketing dikenal dengan jaringan atau level kedalaman.

Lalu apa hubungannya dengan penipuan..? Karena seperti yang telah saya tuliskan, bahwa perusahaan memang telah memperhitungkan keuntungannya dalam Sabun mandi yang Anda jual, tentunya keuntungan dibagi-bagi tidak ada masalah dong?

Dengan metode MLM, sebenarnya perusahaan bukannya memboroskan uang dengan membagi-bagi keuntungan kepada para penjualnya, melainkan bisa menghemat biaya distribusi dan pemasaran (biaya iklan) karena biaya tersebut adalah biaya yang mahal dalam sebuah industri perdagangan.

Masalah pertama dari MLM gadungan adalah mereka tidak pernah menjalankan bisnis multilevel yang sehat tapi hanya menebar informasi yang  bertujuan hanya untuk mendapatkan keuntungan pada dirinya sendiri, bukan pada siklus sejatinya MLM.

Setidaknya bila Anda ingin menekuni sebuah penawaran MLM ada beberapa tips singkat:
1. Apakah perusahaan memiliki SIUPL atau Surat Ijin Usaha Penjualan Langsung?
Bukan SIUP  (Surat ijin Usaha Perdagangan) dan TDP (Tanda Daftar Perusahaan)! Banyak orang tidak mengetahui bahwa membuat sebuah perusahaan MLM perlu memiliki SIUPL, dan perhatikan juga bahwa SIUPL menempel pada sebuah produk, bisa saja dalam sebuah perusahaan memiliki produk A dan B, lalu yang telah diberikan izin SIUPL adalah produk A, sehingga dengan menjual A dan B secara MLM sebenarnya produk B dapat dikatakan ilegal.

2. Apakah ada produknya?
Sebuah bisnis MLM tentunya perlu memiliki produk. Produknya bisa apapun dengan penjualan berbasis MLM seperti buku, komputer, sabun, dan lain sebagainya.
Bila tidak ada produknya, maka perlu dipertanyakan lebih detail karena hingga saat ini penerbitan SIUPL bagi jasa yang di-MLM-kan masih belum jelas, perlu ditanyakan kepada Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM.go.id).
Jangan terburu nafsu ikut menjual! Karena ingat, ketika Anda menjual produk MLM Anda sedang “menjual diri” Anda kepada orang yang ditawarkan, bila produk tersebut bermasalah maka Anda juga bisa menjadi tersangka karena ikut menawarkan!

3. Berhitung dari mana keuntungan perusahaan.
Meskipun Anda tidak berniat membuat sebuah produk saingan, coba perhitungkan dari mana keuntungan perusahaan MLM dapat dihasilkan?
Pada umumnya produk MLM lebih mahal dibandingkan produk sejenis. Selain itu, bila perusahaan ini berhenti melakukan rekrutmen penjual baru (anggota), apakah masih bisa bertahan?
Lalu pelajarilah kelemahan-kelamahan dari sistem MLM yang pastinya Anda bisa pelajari di dunia maya yang begitu banyak informasinya. Misalnya, bagaimana pembayaran maksimum dari sebuah keuntungan dan lainnya karena sebuah sistem tidak akan ada yang sempurna. Tidak sedikit perusahaan MLM merugi karena dimanfaatkan kelemahan atau celah perhitungan anggotanya.

Semoga setiap orang di Indonesia lebih cermat dalam melakukan justifikasi pada setiap skema bisnis dan investasi agar negara kita menjadi lebih baik di kemudian hari.

Bisnis Multi Level atau yang lebih dikenal dengan MLM ini pada dasarnya merupakan sebuah bisnis sehat yang mana mempunyai peluang memperoleh income atau penghasilan yang cukup besar.

Hal ini terbukti dengan banyaknya orang yang telah membuktikan kesuksesan dari menjalankan sebuah bisnis MLM ini. Sedangkan untuk pelaku dari bisnis ini terdiri dari semua golongan, status sosial dan juga semua umur, tapi yang jelas hampir setiap orang dapat menjalankan bisnis MLM ini.

Dan tidak sedikit pula yang mendapatkan kesuksesan dengan menjalankan bisnis ini, akan tetapi yang jelas bisnis apapun yang kita lakukan dengan serius dan juga konsisten pastinya akan membuahkan hasil yang maksimal. Karena sebuah proses tak akan menghianati hasil tentunya.

Akan tetapi, seiring dengan perkembangan model bisnis ini dan ditambah pula dengan masuknya beberapa perusahaan asing yang mana hal tersebut terbukti ilegal menurut hukum yang ada di Indonesia yang mana dalam hal tersebut mengatasnamakan bisnis Multi Level Marketing.

Hal tersebut otomatis akan juga berimbahas kepada perusahaan-perusahaan atau usaha yang memang menjalankan bisnis MLM murni ini. Maka hasilnya setiap  bisnis MLM ini sering kali dikaitan atau dipandang sebagai bisnis yang ilegal seperti halnya dengan bisnis model Pyramyd, Money Game sampai dengan  Schema Phonzy.

Yang jelas semua itu akan membuat citra dari bisnis MLM menjadi buruk di mata kalangan masyarakat. Bahkan sekarang-sekarang ini banyak pula bisnis yang mana berkedok sebagai MLM yang mana mempunyai konsep manusia membantu manusia bahkan sampai dengan investasi bodong. Sungguh hal tersbeut tidak masuk akal bukan? OH iya dalam artikel kali ini tak akan banyak membahas bisnis tersebut karena rentan akan adanya unsur provokasi.

Saat kita membahas mengenai MLM ini tidak cukup dengan satu artikel saja. Tapi yang jelas disini kita kan belajar untuk memahami ciri-ciri bisnis Multi Level Marketing yang baik dan sebagai bahan pertimbangan untuk kita memilih bisnis MLM yang akan kita jalankan.

Lalu Bagaimana dengan status GENPENUS, apakah MLM atau bukan ?

coba bandingkan dengan affiliate dan Pay Per Lead

INFORMASI TERKAIT

Tinggalkan Balasan



MEREKA MEMBUTUHKAN BANTUAN ANDA..
BERAPA BESAR JIWA SOSIAL ANDA ..?

LAYANAN SURVEY ONLINE

PENCARIAN KATA DAN KALIMAT YANG MUDAH MUDAHAN DAPAT BERMANFAAT :


informasi hasil pencarian google, yahoo, bing, tentang seo, kontak, alamat, SMS center, facebook, twitter, google Plus, Line, whatsapp, Instagram, telegram, youtube, Donasi, sumbangan, Donatur, Relawan, Dewan Pengurus Pusat, Badan Kesejahteraan Sosial, Badan pendidikan dan pelatihan, Badan Pers Media Cyber, Badan Ekonomi Kerakyatan, Badan Advokasi Publik, Forum Komunikasi dan Konsultasi, Berbagi Rezeki antar sesama, Program Sejahtera Bersama, forum tanya jawab, apa yang kamu pikirkan, ORGAN, LEMBAGA, BADAN, WAKIL WAKIL MASYARAKAT, UNDANG UNDANG, PUTUSAN PUTUSAN, ATURAN ATURAN, PERNAK PERNIK UNIK, KESEJAHTERAAN SOSIAL, PENANGGULANGAN SOSIAL, PENGENDALIAN SOSIAL, PEMBERDAYAAN SOSIAL, REHABILITASI SOSIAL, PERLINDUNGAN SOSIAL, PENDAMPINGAN SOSIAL BANTUAN SOSIAL, JAMINAN SOSIAL, KESEHATAN MASYARAKAT, BISNIS DAN USAHA, BUMI & LINGKUNGAN, EKONOMI RAKYAT, POLITIK, HUKUM, KEAMANAN, JURNALIS & CYBER MEDIA, SEJARAH, SENI & BUDAYA, DUNIA PENDIDIKAN, TEKNOLOGI INFORMATIKA, situs Pulsa gratis Dunia maya Website Lembaga Generasi Penerus Sosial GENPENUS Belajar dan Berkarya Untuk Kepentingan Bersama , Masyarakat dan Negara . Pusat Layanan Berita Informasi Organisasi, Lembaga, Badan Usaha, Wakil Rakyat, Undang Undang, Peraturan, keputusan, Unik, Menarik, Kesejahteraan, Penaggulangan, Pengendalian, Pemberdayaan, Rehabilitasi, Perlindungan, Pendampingan, Berita, Bantuan, Kesehatan, Masyarakat, Bisnis, Usaha, Bumi, Lingkungan, Ekonomi, Politik , Hukum, Keamanan, Jurnalis, Media cyber, Sejarah, Seni, Budaya, Pemuda, Pendidikan, Teknologi, Informatika, aktivitas GENPENUS pusat, pendidikan, latihan, aplikasi online terbaik, organisasi terbaik, lsm terbaik, lembaga terbaik, ormas terbaik, orsos terbaik, lsm, ormas, organisasi , lembaga sosial , organisasi sosial, ekonomi, keuangan, lembaga pendidikan, website organisasi terbaik dan terpercaya di indonesia.