Arti kemiskinan

 ADVOKASI / PENDAMPING, EKONOMI KERAKYATAN, JAMINAN SOSIAL, KENDALI SOSIAL, KESEJAHTERAAN SOSIAL, MASALAH DAN SOLUSI, PEMBERDAYAAN SOSIAL, PEMERINTAH, PENANGGULANGAN SOSIAL, PERLINDUNGAN SOSIAL, REHABILITASI SOSIAL
Kemiskinan adalah keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan. Kemiskinan dapat disebabkan oleh kelangkaan alat pemenuh kebutuhan dasar, ataupun sulitnya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan. Kemiskinan merupakan masalah global. Sebagian orang memahami istilah ini secara subyektif dan komparatif, sementara yang lainnya melihatnya dari segi moral dan evaluatif, dan yang lainnya lagi memahaminya dari sudut ilmiah yang telah mapan, dll.
Dalam buku Miskin ? Jangan Mau, diterangkan dengan kocak bahwa pengertian miskin dan ukuran miskin setiap orang relatif contohnya: Ada yang bilang miskin harta nda papa asal kaya hati; ada juga yang bilang kalau miskin itu kalau kita tidak bisa memenuhi kebutuhan pokok seperti makan, sandang, papan, ada pula yang bilang makan ndak makan asal kumpul, selain itu ada juga yang bilang kalau tidak punya uang untuk makan hari ini. Ada pula yang bilan miskin itu anugerah dan kelak di hari akhir hitungannnya lebih cepat dan seterusnya.
Lebih lanjut lagi dalam buku “miskin ? Jangan malu”, diterangkan bahwa pengertian kemiskinan seharusnya dibagi menjadi 4 bagian sehingga membagi kemiskinan menjadi 4 tingkat yaitu:
Pengertian miskin tingkat 1 adalah keadaan yang membutuhkan pokok sandang, pangan, dan papannya tidak dapat terpenuhi. Sedangkan definisi miskin tingkat 2 yaitu apabila kebutuhan primer dapat terpenuhi tetapi tidak untuk sekunder.Definisi miskin tingkat 3 yaitu terpenuhi kebutuhan primer dan sekunder tetapi tidak untuk tersier. Selanjutnya untuk definisi miskin tingkat 4 yaitu terpenuhi primer, sekunder, tersier, tetapi tak bisa menjamin anak anda (dari sisi investasi finansial).

Pengertian kemiskinan
Apa itu Kemiskinan
Dalam buku Sosiologi diterangkan bahwa pengertian kemiskinan adalah keadaan ketika seseorang tidak sanggup memelihara diri sendiri dengan taraf kehidupan kelompok, serta tidak mampu memanfaatkan tenaga mental, dan fisiknya dalam kelompok tersebut. Pada masyarakat yang bersahaja, kemiskinan identik dengan kesulitan memenuhi kebutuhan primer. Walapun begitu, pengertian kemiskinan akan berbeda dalam masyarakat kota, kemiskinan berarti harta benda yang dimiliki tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan standar kehidupan kota sehingga kemiskian menjadi masalah sosial.
Pengertian kemiskinan menurut Bank Dunia bahwa kemiskinan sebagai hidup dengan pendapatan dibawah USD $1/hari dan pengertian kemiskinan menengah untuk pendapatan dibawah $2 per hari.
Sedankan pada tahun 2012, dikutip dari Tribun, bahwa menurut BPS (Badan Pusat Statistik) bahwa pengertian kemiskinan adalah mereka yang berpenghasilan Rp 233 ribu per bulan, atau Rp 7.000 per hari.

Macam Macam Kemiskinan

Kemiskinan dalam buku Hukum Lingkungan dan Ekologi Pembangunan diterangkan bahwa kemiskinan terdiri atas tiga macam yaitu kemiskinan absolut, relatif/struktural dan kemiskinan kultural. Walaupun dalam beberapa buku tentang kemiskinan, hanya diterangkan dua saja.
Kali ini akan diberikan tiga pengertian dari macam macam kemiskinan yang ada
  1. Pengertian kemiskinan absolut atau mutlak adalah kemiskinan yang dapat diukur dengan perbandingan tingkat pendapatan orang atau keluarga dengan tingkat pendapatan yang dibutuhkan untuk memperoleh kebutuhan dasar minimun. Oleh karena itu, mengkategorikan seseorang mengalami kemiskinan absolut adalah dimana uang yang diperoleh tidak dapat mencukupi untuk membeli lauk pauk harian.
  2. Selanjutnya, apa yang dimaksud kemiskinan relatif? Pengertian kemiskinan relatif adalah kemiskinan yang lebih banyak ditentukan oleh keadaan lingkungan dimana seseorang ataupun keluarga itu tinggal. Sehingga walaupun seseorang atau keluarga itu pendapatnya dapat memenuhi seluruh keperluan primernya, akan tetapi masih tergolong berpendapatan rendah dibandingkan dengan individu lain di masyarakat maka seseorang tersebut disebut mengalami kemiskinan relatif. Kemiskinan relatif dapat diperkirakan dengan memperhatikan golongan berpendapatan rendah dari suatu pola pembagian pendapatan.
  3. Pengertian kemiskinan kultural adalah keadaan dimana individu ataupun kelompok memilih untuk atau mengambil sikap untuk tidak memperbaiki taraf hidupnya yang sekarang dikarenakan budaya yang dimilikinya seperti suku suku pedalaman contohnya, suku anak dalam, kajang dan banyak lagi di Indonesia.

 

INFORMASI TERKAIT

4 Responses

  1. nia18 Agustus 2016 at 05:55Reply

    Miskin adalah ketidak berdayaan, bersatu kita teguh.. bercerai kita nikah lagi.

  2. nia18 Agustus 2016 at 05:55Reply

    Miskin adalah ketidak berdayaan, bersatu kita teguh.. bercerai kita nikah lagi.

  3. nia18 Agustus 2016 at 05:55Reply

    Miskin adalah ketidak berdayaan, bersatu kita teguh.. bercerai kita nikah lagi.

  4. nia18 Agustus 2016 at 05:55Reply

    Miskin adalah ketidak berdayaan, bersatu kita teguh.. bercerai kita nikah lagi.

Tinggalkan Balasan




informasi hasil pencarian google, yahoo, bing, tentang seo, kontak, alamat, SMS center, facebook, twitter, google Plus, Line, whatsapp, Instagram, telegram, youtube, Donasi, sumbangan, Donatur, Relawan, Dewan Pengurus Pusat, Badan Kesejahteraan Sosial, Badan pendidikan dan pelatihan, Badan Pers Media Cyber, Badan Ekonomi Kerakyatan, Badan Advokasi Publik, Forum Komunikasi dan Konsultasi, Berbagi Rezeki antar sesama, Program Sejahtera Bersama, forum tanya jawab, apa yang kamu pikirkan, ORGAN, LEMBAGA, BADAN, WAKIL WAKIL MASYARAKAT, UNDANG UNDANG, PUTUSAN PUTUSAN, ATURAN ATURAN, PERNAK PERNIK UNIK, KESEJAHTERAAN SOSIAL, PENANGGULANGAN SOSIAL, PENGENDALIAN SOSIAL, PEMBERDAYAAN SOSIAL, REHABILITASI SOSIAL, PERLINDUNGAN SOSIAL, PENDAMPINGAN SOSIAL BANTUAN SOSIAL, JAMINAN SOSIAL, KESEHATAN MASYARAKAT, BISNIS DAN USAHA, BUMI & LINGKUNGAN, EKONOMI RAKYAT, POLITIK, HUKUM, KEAMANAN, JURNALIS & CYBER MEDIA, SEJARAH, SENI & BUDAYA, DUNIA PENDIDIKAN, TEKNOLOGI INFORMATIKA, situs Pulsa gratis Dunia maya Website Lembaga Generasi Penerus Sosial GENPENUS Belajar dan Berkarya Untuk Kepentingan Bersama , Masyarakat dan Negara . Pusat Layanan Berita Informasi Organisasi, Lembaga, Badan Usaha, Wakil Rakyat, Undang Undang, Peraturan, keputusan, Unik, Menarik, Kesejahteraan, Penaggulangan, Pengendalian, Pemberdayaan, Rehabilitasi, Perlindungan, Pendampingan, Berita, Bantuan, Kesehatan, Masyarakat, Bisnis, Usaha, Bumi, Lingkungan, Ekonomi, Politik , Hukum, Keamanan, Jurnalis, Media cyber, Sejarah, Seni, Budaya, Pemuda, Pendidikan, Teknologi, Informatika, aktivitas GENPENUS pusat, pendidikan, latihan, aplikasi online terbaik, organisasi terbaik, lsm terbaik, lembaga terbaik, ormas terbaik, orsos terbaik, lsm, ormas, organisasi , lembaga sosial , organisasi sosial, ekonomi, keuangan, lembaga pendidikan, website organisasi terbaik dan terpercaya di indonesia.