Berbagi untuk Petani

 ADVOKASI / PENDAMPING, AKTIVITAS, BANTUAN SOSIAL, KENDALI SOSIAL, LAPORAN AKTIVITAS

Jpeg

Setiap Perjuangan Pasti akan mendapatkan Kemenangan

Alhamdulillah,………
Proses perundingan Perjuangan Para petani jambi membuahkan hasil. Tuntutan warga SAD dan petani Jambi (Kunangan Jaya I dan II, Mekarya Jaya, dan Tanjung Jabung Timur) telah disetujui oleh Kementerian terkait.
 
Berikut hasil kesepakatannya:

Pertama, pengembalian areal seluas 3.550 ha milik Suku Anak Dalam 113 yang berkonflik dengan PT Asiatic Persada, telah direspon oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) melalui surat instruksi nomor : 1373/020/III/2016 kepada Kanwil BPN Propinsi Jambi untuk melanjutkan substansi langkah-langkah kongkrit penyelesaian konflik dengan mengacu pada surat Kepala BPN RI no 3946/16-I-300/X/2012 yang selama ini menjadi tuntutan dari Suku Anak Dalam 113.

Batas waktu penyelesaian/realisasi keputusan ini adalah bulan September 2016
Kedua, penyelesaian kJpegonflik Petani Kunangan Jaya I dan II, serta Petani Mekar Jaya yang berkonflik dengan PT Wanakasita Nusantara, PT Agronusa Alam Sejahterah dan PT REKI, telah dilakukan dengan menggelar pertemuan antara petani dengan perwakilan dari Kementrian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLH). Pertemuan itu menghasilkan kesepakatan, yakni verifikasi pada subyek dan obyek dalam wilayah konflik yang berpedoman pada SK Dirjen Bina Usaha Kehutanan Kementrian Kehutanan no : S.92/VI-BUHT/2013.
Verifikasi ini akan dilakukan pada tanggal 11 April 2016 .
 Ketiga, penyelesaian konflik Petani Tanjung Jabung Timur dengan Taman Nasional Berbak telah dilakukan melalui pertemuan dengan perwakilan Kementrian Kehutanan dan Lingkungan Hidup. Pertemuan itu menghasilkan kesepakatan: Balai Taman Nasional Berbak akan mengakomodasi tuntutan petani dari beberapa desa yang batas desa atau tanahnya masuk dalam wilayah kawasan Taman Nasional.
Penyelesaian ini dilakukan dengan pembentukan Tim antara perwakilan Kementrian Kehutanan dan Perwakilan Petani. Kerja tim ini akan dimulai pada minggu ke II April 2016
 
Semoga Perjua20160406_173352ngan ini mendapatkan hasil yang maximal, selesai sampai ke akar akarnya.
 
Setelah melakukan kunjungan ke kantor DPRD Sumsel, walaupun tidak bertemu langsung dengan ketua DPRD Sumsel karena sedang ada Kunjungan kerja,  Saat ini Para pejuang sedang beristirahat di Pospera Kota Palembang dengan hati yang sedikit tenang dan alhamdulillah, kami dapat membantu mereka walaupun hanya sebesar tanda titik.

Related Search

Related Posts

Tinggalkan Balasan