ANGGOTA KADER

 ANGGOTA

Kader berasal dari bahasa Yunani cadre yang berarti bingkai.

Bila dimaknai secara lebih luas  berarti :

  • Orang yang mampu menjalankan amanat.
  • Orang yang memiliki kapasitas pengetahuan dan keahlian.
  • Pemegang tongkat estafet sekaligus membingkai keberadaan dan kelangsungan suatu organisasi.

Kader adalah ujung tombak sekaligus tulang punggung kontinyuitas sebuah organisasi. Secara utuh kader adalah mereka yang telah tuntas dalam mengikuti seluruh pengkaderan formal, teruji dalam pengkaderan informal dan memiliki bekal melalui pengkaderan non formal. Dari mereka bukan saja diharapkan eksistensi organisasi tetap terjaga, melainkan juga diharapkan kader tetapakan membawa misi gerakan organisasi hingga paripurna.

Pengakaderan berarti proses bertahap dan terus-menerus sesuai tingkatan, capaian, situasi dan kebutuhan tertentu yang memungkinkan seorang kader dapat mengembangkan potensi akal, kemampuan fisik, dan moral sosialnya. Sehingga, kader dapat membantu orang lain dan dirinya sendiri untuk memperbaiki keadaan sekarang dan mewujudkan masa depan yang lebih baik sesuai dengan cita-cita yang diidealkan, nilai-nilai yang di yakini serta misi perjuangan yang diemban.

Sistem Pengkaderan GENPENUS adalah totalitas upaya pembelajaran yang dilakukan secara terarah, terencana, sistemik, terpadu, berjenjang dan berkelanjutan untuk mengembangkan potensi, mengasah kepekaan, melatih sikap, memperkuat karakter, mempertinggi harkat dan martabat, memperluas wawasan, dan meningkatkan kecakapan insane-insan GENPENUS agar menjadi manusia yang beradab, berani, santun, berkarakter, terampil, loyal, peka, mampu dan gigih menjalankan roda organisasi dalam segala upaya pencapaian cita-cita dan tujuan perjuangannya.

    Sistem Pengkaderan GENPENUS mengenal tiga bentuk pengkaderan yang bersifat substansial dan komplementasi serta terikat satu dengan yang lainnya yaitu Pengkaderan Formal, Pengkaderan Informal dan Pengkaderan Non Formal. Secara bersama-sama, ketiganya terpadu dengan suasana dan kebiasaan sehari-hari di lingkuangan GENPENUS yang memiliki andil menentukan dalam proses pengkaderan.

Karena diorientasikan untuk membentuk serta mengembangkan karakter, sikap, etika, produktivitas dan kreatifitas para kader, maka pengkaderan bisa dikategorikan sebagai aktivitasasasi. Terutama dalam upayanya mewujudkan misi, peran, dan fungsi dalam kehidupan pribadidan organisasi serta kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Melalui pengkaderan, insane-insan GENPENUS diperluas pengetahuan dan wawasannya, ditempa keberanian dan karakterya, dikembangkan potensi dan kemampuan dirinya, dipupuk kemandiriannya, serta di asah kesadaran, kepekaan, kehendak dan kecakapan sosialnya.

Sistem Pengkaderan GENPENUS merupakan Sebuah gerakan yang rapi dan massif harus mengandalkan terbentuknya factor-faktor  produksi, distribusi dan wilayah sosialisasi. Tanpa menggunakan logika ini maka gerakan akan selalu terjebak pada heroisme sesaat dan kemudian mati tanpa meninggalkan apa-apa selain kemasyuran dan kebanggaan diri belaka. Katakanlah kita sedang akan membangun sebuah gerakan maka dimana wilayah sosialisasi yang akan kita temui dan oleh karena itu apa yang harus kita produksi dan menggunakan jalur distribusi seperti apa agar produk-produk kita tidak disabotase di tengah jalan. Rangkaian produksi-distribusi-perebutan ini adalah sebuah matarantai yang tidak boleh putus, karena putusnya sebuah mata rantai ini berarti matinya dinamika sebuah gerakan atau setidaknya hanya akan menjadi tempat kader-kadernya heroisme-ria. Dan yang lebih penting bahwa keadaaan semacam ini akan lebih mudah untuk di aborsi.

    Skema kaderisasi di GENPENUS mensyaratkan tidak boleh adanya keterputusan antara satu proses dengan proses yang lainnya, karena antara satu dengan yang satunya saling terkait, dan proses tersebut akan berjalan secara terus menerus. Skema ini juga mengisyaratkan paling tidak memberikan gambaran kepada kita bahwa system pengkaderan GENPENUS jangan hanya terfokus pada sisi internal saja, artinya mencetak kader sebanyak-banyaknya tetapi tidak tahu mau dibawa kemana kader tersebut. Untuk itu, sudah saatnya kita berfikir secara realistis, bahwa tanggung jawab GENPENUS secara organisasional juga terletak pada sisi pendistribusian kader pada medan-medan distribusi.

    Melalui strategi pengkaderan yang berorientasi jangka panjang ini, diharapkan dalam beberapa tahun ke depan genpenus dapat menjadi salah satu organisasi yang mempunyai jaringan disemua lini gerakan dan perubahan serta diharapkan mampu menjadi salah satu factor perubahan yang signifikan. Tetapi yang perlu diingat, bahwa dalam system pengkaderan jangka panjang ini, merupakan pekerjaan generasi, sehingga kita akan kesulitan untuk melihat indicator perubahan genpenus dalam ukuran hari dan bulan. Pada dasarnya system pengkaderan genpenus merupakan system terpadu yang menekankan pengembangan kader dalam segi kognitif, afektif dan psikomotorik serta menanamkan nilai-nilai sosialis dalam setiap langkah yang ditempuh.
    Dengan kata lain, pengkaderan genpenus hendak mencetak sosok kader yang memiliki pengetahuan luas dan mendalam serta mempunyai jiwa sosial dengan landasan pijak loyalitas yang kuat. Kader semacam ini dibutuhkan agar misi  Long  Life Education baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek dapat direalisasikan. Oleh karena itu genpenus menggunakan 3 jenis pengkaderan dalam system pengkaderannya. Disadari bahwa kualitas ketiganya dipengaruhi secara penuh dan sekaligus mempengaruhi lingkungan sehari-hari organisasi. Mengingat factor lingkungan tersebut maka genpenus harus mulai berbenah menciptakan kualitaas keorganisasian yang lebih relevan untuk kepentingan masyarakat dan Negara.

INFORMASI TERKAIT

Tinggalkan Balasan




informasi hasil pencarian google, yahoo, bing, tentang seo, kontak, alamat, SMS center, facebook, twitter, google Plus, Line, whatsapp, Instagram, telegram, youtube, Donasi, sumbangan, Donatur, Relawan, Dewan Pengurus Pusat, Badan Kesejahteraan Sosial, Badan pendidikan dan pelatihan, Badan Pers Media Cyber, Badan Ekonomi Kerakyatan, Badan Advokasi Publik, Forum Komunikasi dan Konsultasi, Berbagi Rezeki antar sesama, Program Sejahtera Bersama, forum tanya jawab, apa yang kamu pikirkan, ORGAN, LEMBAGA, BADAN, WAKIL WAKIL MASYARAKAT, UNDANG UNDANG, PUTUSAN PUTUSAN, ATURAN ATURAN, PERNAK PERNIK UNIK, KESEJAHTERAAN SOSIAL, PENANGGULANGAN SOSIAL, PENGENDALIAN SOSIAL, PEMBERDAYAAN SOSIAL, REHABILITASI SOSIAL, PERLINDUNGAN SOSIAL, PENDAMPINGAN SOSIAL BANTUAN SOSIAL, JAMINAN SOSIAL, KESEHATAN MASYARAKAT, BISNIS DAN USAHA, BUMI & LINGKUNGAN, EKONOMI RAKYAT, POLITIK, HUKUM, KEAMANAN, JURNALIS & CYBER MEDIA, SEJARAH, SENI & BUDAYA, DUNIA PENDIDIKAN, TEKNOLOGI INFORMATIKA, situs Pulsa gratis Dunia maya Website Lembaga Generasi Penerus Sosial GENPENUS Belajar dan Berkarya Untuk Kepentingan Bersama , Masyarakat dan Negara . Pusat Layanan Berita Informasi Organisasi, Lembaga, Badan Usaha, Wakil Rakyat, Undang Undang, Peraturan, keputusan, Unik, Menarik, Kesejahteraan, Penaggulangan, Pengendalian, Pemberdayaan, Rehabilitasi, Perlindungan, Pendampingan, Berita, Bantuan, Kesehatan, Masyarakat, Bisnis, Usaha, Bumi, Lingkungan, Ekonomi, Politik , Hukum, Keamanan, Jurnalis, Media cyber, Sejarah, Seni, Budaya, Pemuda, Pendidikan, Teknologi, Informatika, aktivitas GENPENUS pusat, pendidikan, latihan, aplikasi online terbaik, organisasi terbaik, lsm terbaik, lembaga terbaik, ormas terbaik, orsos terbaik, lsm, ormas, organisasi , lembaga sosial , organisasi sosial, ekonomi, keuangan, lembaga pendidikan, website organisasi terbaik dan terpercaya di indonesia.